Rabu, 07 Februari 2018

10 Objek Wisata Populer Negara Australia

Australia, resminya disebut negara Persemakmuran Australia, Australia merupakan sebuah negara di belahan selatan yang terletak di benua Australia, sekitar 40.000 tahun sebelum pendudukan bangsa Eropa di negara ini tepatnya pada akhir abad ke-18, Australia telah dihuni oleh suku Aborigin, yang menggunakan salah satu dari 250 kelompok bahasa dunia.
Sebagai sebuah negara maju yang makmur Australia merupakan negara ekonomi terbesar ke-13 di dunia, hal itu berpacau pada sektor industri dan tidak bisa dibantahkan dikuti dengan sektor pariwisata yaang tidak kalah indah dengan negara-negara lainnya, seperti negara-negara lain pada umumnya australia  juga mempunyai pemandangan yang bisa memanjakan mata anda para pengunjung, selain pemandangan yang disediakan alam, terdapat banyak arkeolog kuno, dan arsitektur purba yang tak lain merupakan peninggalan sejarah.

Berikut 10 objek wisata populer yang ada dinegara australia.


1. Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair.


objek wisata Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair australia

Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair terletak di daerah Dataran Tinggi Tengah Tasmania (Australia), 165 km barat laut Hobart. Taman ini berisi banyak jalan setapak, di mana ada lintasan di sepanjang Jalur Overland yang terkenal dimulai. Fitur utamanya adalah Gunung Cradle dan Barn Bluff di ujung utara, Gunung Pelion Timur, Gunung Pelion Barat, Gunung Oakleigh dan Gunung Ossa di tengah dan Danau St Clair di ujung selatan taman. Taman ini dinyatakan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.
Taman ini bisa di akses dari selatan (Danau St. Clair) biasanya dari Derwent Bridge di Jalan Raya Lyell, dan akses melalui utara (Cradle Valley) biasanya melalui Sheffield, Wilmot atau Mole Creek. Pintu masuk yang jarang digunakan adalah melalui Arm River Track, dari arah timur.
Pemerintah Tasmania telah bergerak untuk memungkinkan pembangunan di kawasan taman nasional dan konservasi. Izin 'In principle' telah diberikan untuk pendirian resor 'ramah lingkungan' di Pumphouse Point di Lake St Clair.


2. Great Ocean Road.
objek wisata Great Ocean Road Australia

Great Ocean Road adalah sebuah jalan nasional Australian Heritage yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO sepanjang 243 kilometer di sepanjang pantai tenggara Australia antara kota-kota Victoria di Torquay dan Allansford. Dibangun oleh tentara yang kembali antara tahun 1919 dan 1932 dan didedikasikan untuk tentara yang terbunuh selama Perang Dunia I, jalan tersebut merupakan peringatan perang terbesar di dunia. Berkelok-kelok melalui medan yang bervariasi di sepanjang pantai dan memberikan akses ke beberapa landmark terkemuka, termasuk formasi batu kapur Dua Belas Rasul, jalan ini merupakan daya tarik wisata yang penting di wilayah ini.


3. Taman Nasional Hutan Hujan Daintree.
Objek wisata Taman Nasional Hutan Hujan Daintree Australia

Hutan hujan Daintree adalah sebuah taman nasional di Far North Queensland, Australia, 1,502 km barat laut Brisbane dan 100 barat laut Cairns. Didirikan pada tahun 1981 dan merupakan bagian dari Wet Tropics of Queensland. Pada tahun 1988 itu menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman ini terdiri dari dua bagian, dengan daerah pertanian yang menetap antara mereka yang mencakup kota Mossman dan Daintree Village.
Bagian paling spektakuler dan tertua dari hutan hujan Daintree berada di utara Sungai Daintree. Setelah menyeberangi sungai dengan feri kabel kuno ada berbagai trotoar dan pantai yang tak tersentuh untuk dijelajahi, dan kasuari yang terancam punah dapat ditemui di sini.
Taman Nasional Daintree dinilai karena keanekaragaman hayati yang luar biasa, berisi habitat yang signifikan untuk spesies langka dan beranekaragam burung. Nama Diantree itu berasal dari Sungai Daintree, yang dinamai oleh George Elphinstone Dalrymple, penjelajah awal daerah tersebut bersama temannya Richard Daintree.


4. Gedung Opera Sydney.
objek wisata Gedung Opera Sydney Australia

Gedung Opera Sydney adalah pusat pertunjukan seni di Sydney, New South Wales, Australia. Ini adalah salah satu bangunan paling terkenal abad ke-20.
Dirancang oleh arsitek Denmark Jørn Utzon, bangunan ini dibuka secara resmi pada tanggal 20 Oktober 1973, setelah masa gestasi dimulai dengan pemilihan Utzon tahun 1957 sebagai pemenang kompetisi desain internasional. Pemerintah New South Wales, yang dipimpin oleh perdana menteri, Joseph Cahill, bekerja resmi untuk memulai pada tahun 1958 dengan Utzon mengarahkan konstruksi. Keputusan pemerintah untuk membangun desain Utzon sering kali dibayangi oleh keadaan yang mengikutinya, termasuk biaya dan penjadwalan penyelesaian kerja.
Meskipun namanya menunjukkan suatu tempat, bangunan tersebut diisi pertunjukan yang menampung lebih dari 1.500 pertunjukan setiap tahun, yang dihadiri oleh lebih dari 1,2 juta orang. Pertunjukan dipresentasikan oleh sejumlah artis pertunjukan, termasuk tiga perusahaan utama: Opera Australia, Sydney Theatre dan Sydney Symphony Orchestra. Sebagai salah satu atraksi pengunjung terpopuler di Australia, lebih dari delapan juta orang mengunjungi situs ini setiap tahunnya, dan sekitar 350.000 pengunjung mengikuti tur keliling bangunan setiap tahunnya. Bangunan ini dikelola oleh Sydney Opera House Trust, sebuah agen dari New South Wales State Government.
Pada tanggal 28 Juni 2007, Gedung Opera Sydney menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, telah terdaftar dalam Daftar Tanah Nasional yang sekarang sudah tidak terhitung sejak tahun 1980, National Trust of Australia mendaftar sejak tahun 1983, Inventaris Warisan Kota Sydney sejak tahun 2000, Register Warisan Negara Bagian New South Wales sejak tahun 2003, dan Daftar Warisan Nasional Australia sejak tahun 2005.


5. Taman Laut Great Barrier Reef.
objek wisata Taman Laut Great Barrier Reef Australia

Taman Laut Great Barrier Reef melindungi sebagian besar Great Barrier Reef Australia dari aktivitas yang merusak. Ini adalah Taman Laut multi guna yang luas dan keindahan laut yang terjaga, termasuk wisata laut komersial, perikanan, pelabuhan dan, rekreasi, penelitian ilmiah dan penggunaan tradisional Penduduk Asli.
Memancing dan menghilangkan artefak atau margasatwa (ikan, koral, kerang, dll, diatur secara ketat, dan lalu lintas pelayaran komersial adalah area paling sensitif di taman ini. Great Barrier Reef adalah ekosistem terumbu karang terbesar dan paling terkenal di dunia. Terumbu karangnya, hampir 3000, mewakili sekitar 10 persen dari semua wilayah terumbu karang di dunia, tentunya sangat mendukung keragaman keanekaragaman hayati yang menakjubkan, menjadi rumah bagi ribuan jenis karang dan spesies invertebrata lainnya, ikan kura-kura, hiu, mamalia laut, kura-kura laut, ular laut, serta ganggang dan tanaman laut lainnya.


6. Taman Nasional Uluṟu-Kata Tjuṯa.
objek wisata Taman Nasional Uluṟu-Kata Tjuṯa Australia

Taman Nasional Uluṟu-Kata Tjuṯa adalah kawasan lindung yang terletak di Northern Territory of Australia. Taman ini adalah rumah bagi Uluru dan Kata Tjuta. Terletak 1.943 kilometer sebelah selatan Darwin melalui jalan darat dan 440 kilometer atau 270 mil barat daya Alice Springs di sepanjang Jalan Raya Stuart dan Lasseter. Taman ini mencakup 1.326 kilometer persegi, dan mencakup fitur yang dinamai: Uluru dan, 40 kilometer ke baratnya, Kata Tjuta. Lokasinya terdaftar di situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Jembatan Pelabuhan Sydney (Sydney Harbor Bridge).


Objek wisata Jembatan Pelabuhan Sydney Australia

Sydney Harbour Bridge adalah kawasan pusat bisnis Sydney dan Pantai Utara. Sydney Harbour Bridge adalah jembatan lengkung di Sydney yang juga berlalu lintas kereta api, kendaraan bermotor, sepeda, dan pejalan kaki antara kawasan pusat bisnis Sydney dan Pantai Utara. Pemandangan dramatis jembatan, pelabuhan, dan Sydney Opera House di dekatnya menjadi citra ikon Sydney dan tentunya bagi Australia sendiri. Jembatan ini dijuluki "The Coathanger" karena desainnya yang berbasis lengkungan.

Di bawah arahan Dr John Bradfield dari Departemen Pekerjaan Umum NSW, jembatan ini dirancang dan dibangun oleh perusahaan Inggris Dorman Long dan Co Ltd dari Middlesbrough dan dibuka pada tahun 1932. Desain jembatan dipengaruhi oleh Neraka Jembatan Gerbang di New York City. Ini adalah jembatan lengkung spanning terpanjang keenam di dunia dan jembatan lengkung tertinggi, berukuran 134 meter atau 440 kaki dari atas sampai permukaan air. Jembatan ini juga merupakan jembatan dengan rentang panjang terbesar di dunia, seluas 48,8 meter atau 160 kaki, sampai pembangunan Jembatan Mann baru di Vancouver selesai pada tahun 2012

8. Taman Nasional Blue Mountains.
Objek Wisata Taman Nasional Blue Mountains Australia

Taman Nasional Blue Mountains terletak di wilayah Blue Mountains di New South Wales, di Australia timur. Taman nasional seluas 267.954 hektar terletak sekitar 80 kilometer sebelah barat Sydney, dan batas taman cukup tidak teratur karena dipecah oleh jalan, daerah perkotaan dan bangunan bawah tanah. Meskipun nama 'gunung', daerah ini merupakan dataran tinggi yang terangkat, dibagi oleh sejumlah sungai yang lebih besar. Titik tertinggi di taman adalah Gunung Werong yang terletak pada 1.215 meter di atas permukaan laut, sedangkan titik terendah berada di Sungai Nepean pada ketinggian 20 meter di atas permukaan laut saat meninggalkan taman.
Area Greater Blue Mountains yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO.  Termasuk situs warisan yang sangat dilindungi. Taman ini juga terdaftar di Australian Heritage.

9. Pantai Bondi.


objek wisata pantai bondi australia

Pantai Bondi adalah pantai yang populer dan nama pinggiran kota sekitarnya di Sydney, New South Wales, Australia. Pantai Bondi terletak 7 km di sebelah timur distrik bisnis pusat Sydney, di daerah pemerintah daerah Dewan Waverley, di Kawasan Timur. Bondi Utara dan Pantai Bondi adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Australia.

10. Pulau Kanguru.


objek wisata pulau kanguru Australia

Pulau Kanguru adalah pulau terbesar ketiga di Australia, setelah Tasmania dan Melville Island, yang terletak di negara bagian Australia Selatan 112 km barat daya Adelaide, titik terdekat menempuh daratan adalah Snapper Point di Backstairs Passage yang berjarak 13,5 km dari Semenanjung Fleurieu.

Setelah diduduki oleh suku Aborigin Australia, penduduk asli menghilang dari catatan arkeologi saat tanah tersebut menjadi sebuah pulau menyusul naiknya permukaan laut beberapa ribu tahun yang lalu, dan dari tahun 1836 secara permanen menjadi koloni Australia Selatan.

Sejak saat itu, ekonomi pulau ini awalnya adalah pertanian, dengan perikanan lobster batu selatan dan dengan pariwisata yang semakin penting. Kota terbesar dan pusat administrasi,adalah Kingscote. Pulau ini memiliki beberapa cagar alam untuk melindungi sisa-sisa tumbuhan alami dan hewan asli dengan Taman Nasional Flinders Chase terbesar dan paling terkenal di ujung barat.

Baca Juga :

10 Objek Wisata Populer Armenia


Sumber : en.wikipedia

Autralia merupakan tempat yang menyenangkan bagi para pariwisata, yang kami cantumkan di  atas hanyalah 10  objek wisata terpopuler yang dimiliki negara ini, namun sangat banyak tempat wisata lainnya yang memanjakan mata anda, jika anda mengunjungi australia jangan melupakan ke 10 tempat yang sangat populer ini.
Silahkan post komentar anda…


EmoticonEmoticon