Kamis, 08 Februari 2018

10 Objek Wisata Populer Negara Azerbaijan

Azerbaijan merupakan Negara bekas republik Sovyet yang berada di pegunungan Kaukasus yang sekarang dianggap sebagai bagian dari Eropa atau Asia. Negara ini terletak di Laut Kaspia, berbatasan dengan Rusia dan Georgia bagian utara, Armenia bagian barat dan Iran bagian selatan, juga berbatasan dengan Turki.

Azerbaijan dikenal memiliki sembilan dari 11 zona ekologis yang telah ditetapkan, Negara ini beriklim sedang, dengan suhu rata-rata 14-15 ° C, pegunungan kaukasus sendiri mempunyai musim dingin tiap tahunnya denga suhu 0-15 ° C .

Turunnya salju jarang terjadi di Baku dan di sepanjang pantai pada umumnya, salju biasanya hanya menutupi dataran tinggi wilayah Azerbaijan ini.
Berikut 10 pusat wisata populer yang dimiliki Negara Azerbaijan, yang tak kalah saing dengan Negara lainnya didunia, dan beberapa diantara objek wisata Azerbaijan juga termasuk dalam situs sejarah warisan dunia UNESCO.


1.Pusat Heydar Aliyev.

Objek Wisata Pusat Heydar Aliyev Azerbaijan

Pusat Haidar Aliyev merupakan kompleks bangunan yang memiliki luas 57.500 m2 persegi di Baku, pusat heydar aliyev ini dirancang oleh arsitek Irak-Inggris Zaha Hadid dan terkenal karena karya arsitekturnya yang khas dengan gaya melengkung yang melesat tajam, kemudia pusat ini dinamai dengan Heydar Aliyev oleh sekretaris pertama Azerbaijan Soviet pada tahun 1969 sampai 1982 dan diresmikan oleh presiden Republik Azerbaijan menjadi salah satu pusat wisata nasional Azerbaijan dari bulan Oktober 1993 sampai Oktober 2003.


2. Gobustan National Park.

objek wisata Gobustan National Park Azerbaijan

Taman Nasional Gobustan  yang memiliki nama resmi “Gobustan Rock Art Cultural Landscape”, merupakan sebuah bukit dan gunung yang berletak di ujung tenggara pegunungan Kaukasus di Azerbaijan, terutama sekali yang dimaksud berletak di lembah Sungai Jeyrankechmaz, di antara sungai Pirsagat dan Sumgait karena daya tarik masyarakan untuk berkunjung ke tempat itu.

Pemerintah Azerbaijan menyatakan Gobustan sebagai asset wisata nasional Negara nya pada tahun 1966, demi melestarikan ukiran kuno, relik, gunung berapi lumpur dan batu-batu gas di wilayah tersebut.


3. Istana Shirvanshahs.

objek wisata Istana Shirvanshahs Azerbaijan

Istana Shirvanshahs adalah sebuah istana yang telah berdiri pada abad ke-15 yang dibangun oleh Shirvanshah dan dinyatakan sebagai salah satu mutiara arsitektur Azerbaijan oleh UNESCO, Istana terletak di Kota Dalam Baku yang bertuliskan di bawah Daftar Monumen Bersejarah Warisan Dunia UNESCO.

Didalam kompleks berisi monumen utama istana, kuburan, masjid dan menaranya.
Pada abad ke 15 dinasti Shirvanshah di bawah pimpinan Ibrahim I dari Shirvan, beliau memeritahkan agar memindahkan ibukotanya dari Shemakha ke Baku, Azerbaijan. Setelah terjadi gempa dahsyat.

Beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa istana ini dibangun hanyalah menandai sebagai istana penguasa, kedua teori tersebut tidak dapat dibenarkan karena minimnya bukti.
Didalam istana terdapat sebuah sumur dianggap memiliki kualitas penyembuhan sampai saat ini.


4. Baku Boulevard.


objek wisata Baku Boulevard Azerbaijan


Baku Boulevard sebagai taman nasional merupakan sebuah kawasan wisata yang cocok untuk pejalan kaki, tempat ini dibangun sudah sangat lama yaitu pada abad ke-19 pada tahun 1909,yang membentang luas sejajar pinggir laut Baku sendiri.

Awal kisahnya area pinggir laut kota Baku ini dibangun perumaha elit para saudagar pada abad ke-19, lambat laun dalam perluasan kota dibuatlah jalan setapak yang membentang berkilometer.


5. Gunung Shahdagh.

objek wisata Gunung Shahdagh Azerbaijan, kaukasus Gunung Shahdagh

Gunung Shahdagh merupakan puncak gunung dari jajaran pegunungan Kaukasus, yang terletak di rayon Qusar Azerbaijan, berbatasan dengan Rusia. ketinggian puncaknya mencapai 4.243 meter di atas permukaan laut, gua sebagai tempat tinggal prasejarah juga ditemukan di dasar gunung yang menunjukkan pernah dihuni selama lebih dari 9.000 tahun.


6. Danau Göygöl.

objek wisata Danau Göygöl Azerbaijan

Göygöl yang berarti "Danau Biru" merupakan sebuah fenomena alam yang disajikan Azerbaijan, terletak di jejak Murovdag, tidak jauh dari kota Ganja.

Danau yang terjadi akibat gempa besar pada abad ke-11 tepatnya tanggal 25 september 1139 melanda wilayah tersebut, mengakibatkan bagian dari Gunung Kapaz runtuh dan menghalangi jalan Sungai Kürəkçay, lambat laun aliran air semakin banyak sebuah danau dengan air pegunungan murni pun tercipta, maka namanya diberikan menandakan kemurnian air.

Pada tahun 1925 danau tersebut dimasukkan ke dalam daftar "Goy Gol State Reserve" serta nama danau diganti sebagai Taman Nasional Göygöl pada tahun 2008.


7. Kota Tua, Baku

Objek Wisata Kota Tua Baku Azerbaijan

Banyaknya arkeolog sejarah menandakan Azerbaijan adalah mempunyai kemajuan besar pada masanya, hal itu dibuktikan dengan keindahan kota tua yang memiliki sejarah khas Azerbaijan sendiri.

Kota Tua atau Kota Pedalaman merupakan kota sejarah baku, yang juga terletak dipusat ibukota Negara Azerbaijan, kota tua merupakan bagian paling kuno dari Baku, yang dikelilingi oleh dinding terlindungi dengan baik. Pada tahun 2007 silam, Kota Tua memiliki populasi sekitar 3000 jiwa.  Pada bulan Desember tahun 2000, Kota Tua Baku, termasuk Istana Shirvanshah dan Menara Maiden, yang tak lain menjadi lokasi pertama di Azerbaijan yang diklasifikasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.


8. Taman Nasional Absheron.

objek wisata Taman Nasional Absheron Azerbaijan

Taman Nasional Absheron merupakan taman nasional Azerbaijan, yang dibangun pada tanggal 8 Februari 2005, sebagai wujud Orde 622 Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, di area seluas 783 hektar terletak di wilayah administratif Distrik Azizbeyov, Kota Baku.
Wisata Alam Negara Bagian Absheron dibangun pada bulan Juli 1969 untuk melindungi kijang, anjing laut Kaspia dan beberapa burung air yang menjadi satwa asli wilayah tersebut.


9. Diri Baba Mausoleum.

objek wisata Diri Baba Mausoleum Azerbaijan

Mausoleum merupakan monument yang terlihat seperti benteng terletak di tebing glyptic. Bagian atas berbentuk kubah bola dengan bagian atas yang runcing memiliki bawah yang dihiasi ornamen tanaman.

Monumen ini jika diperhatikan dibangun pada masa kejayaan islam, berbentuk seperti mesjid, jika anda masuk anda akan menemui lorong, seperti tempat persembunyian namun sangat besar. Arsitektur Mausoleum Diri Baba memadu secara harmonis sesuai dengan lingkungan bangunan yang indah, jika menghadap ke latar belakang bebatuan dan kehijauan pepohonan. Bangunan mausoleum adalah mahakarya dari sekolah arsitektur Shirvan dan membuktikan keindahan seni para empu kuno, Monumen ini telah lama dilindungi oleh pemerintah Azerbaijan.


10. Maiden Tower.

objek wisata Maiden Tower Azerbaijan

Menara Maiden Kota Baku merupakan tempat legendaris Republik Azerbaijan. Menara ditutupi oleh misteri serta legenda tua yang mengisahkan Sejarah Azerbaijan dan Budaya Nasional negara Azerbaijan.

Legenda yang ada pada menara merupakan bagian dari budaya dan warisan nasional Azerbaijan. Beberapa epos menjadi topik skenario untuk balet dan drama teater, namun bukanlah itu historis awalnya, Menara Maiden adalah tempat balet Azerbaijan kelas dunia yang dibuat oleh Afrasiyab Badalbeyli tahun 1940 dan kemudian direhab pada tahun 1999.

Baca Juga :

10 Objek Wisata Populer Bahamas


Sumber : en.wikipedia

Nah ke 10 tempat ini merupakan topik utama yang dibicarakan turist dari berbagai mancanegara, jika anda berkunjung ke Azerbaijan, jangan lupa pilih salah satu dari 10 tempat istimewa ini.
Bagaimana menurut anda, silahkan posting komentar…


EmoticonEmoticon